EXTRAORDINARY FOR MOLUCCAS

Blog "EXTRAORDINARY FOR MOLUCCAS" adalah sebuah blog yang di buat oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Ambon yang duduk di kelas XI IPA 3 (EXTRAORDINARY). tujuan dari pembuatan Blog ini adalah untuk menampilkan Provinsi Maluku dari berbagai sisi dan pandangan.

Sejarah yang sebagian besar orang Maluku tidak ketahui.


Paruh awal abad ke-17 M, Belanda nyaris menaklukan Inggris di hampir seluruh kepulauan Banda. Kecuali pulau Run, dimana cengkeh dan biji pala tumbuh subur di sana, sedangkan kedua komoditas utama pulau Run ini sangat mahal harganya di Eropa.
Belanda sendiri dikala itu merupakan kekuatan kolonis dunia yang menguasai sebagian besar daratan Amerika, termasuk sebuah wilayah bernama Niew Amsterdam. Karena nilai pulau Run lebih tinggi ketimbang Niew Amsterdam, Belanda membujuk Inggris untuk melakukan pertukaran dan Inggris pun menyetujuinya. Belanda pun melepas Niew Amsterdam(bahasa Indian: Manhattan) dan mendapatkan pulau Run.
Niew Amsterdam merupakan kota terbanyak yang menampung imigran Yahudi dari Eropa. Oleh orang Yahudi, Niew Amsterdam diganti namanya menjadi Mew Jerussalem yang akhirnya berganti nama menjadi kota New York. Sampai saat ini, New York merupakan simbol kedigdayaan perekonomian Yahudi di dunia. Dimana lebih dari setengah perputaran uang dan kebijakan ekonomi dunia bersumber dari kota ini.

Berarti pada saat itu, Pulau Run yang ada di Maluku ini ditukar dengan New York.

0 komentar:

Posting Komentar

Clock

ShoutMix


ShoutMix chat widget

Cluster Maps

Followers